Minggu, 18 Desember 2011

Kenangan Masa Kecil yang Terlalu Indah Untuk di Kenang Part I

Aku Widi Tria Ariyani, dilahirin di tanggal 06 juni tahun 1994, oleh ibu ku yang bernama Sumiyati, aku lahir pada jam 1 malam, waktu itu bapak aku Ari Prastyo ga' punya yg namanya mobil jadi pas ibu aku sakit sakit perut tanda-tanda ngerasa mau ngelahirin, bapak ku ngetok-ngetok semua pintu tentangga yang punya mobil, setelah beberapa menit bapakku pulang dengan ngebawa angkot beserta sopirnya (maklum bapakku itu gak bisa nyetir mobil, jangankan mobil ! sepeda aja gak bisa ) heheheh.
ini dia kakakku yang nama nya Dedi Setiawan ^_^
Setelah sampai ke rumah ibu ku langsung di angkut ke angkot itu, sedangkan kakakku yang namanya Dedi Setiawan ditinggal dirumah sama mbah ku, waktu itu kakakku masih berumur 2 tahunan, katanya sih dia itu cucu kesayngan nya mbah kakung ku. Sesampainya ibu ku dirumah sakit bersalin 'DONA' yang letaknya di km5 palembang. Ibuku langsung naik ke atas kereta dorong, belum sempet masuk ke ruang bersalin,  aku udah keburu lahir, alhasil aku ini lahir dengan gak ngebutuhin dokter (mungkin kepanasan yah nunggu lama2 didalem hehhe). keesokan paginya bapakku ngebawa ari-ari kerumah, pagi itu semua 'tetk bengek' tentang kelahiran aku selesai.


Bulan demi bulan dilewati bersama dengan rasa bahagia, kecuali dengan kakakku menurut cerita ibu ku sih waktu aku kecil kakakku sering iri dengan aku, maklum aku kan lahirnya lumayan deket dengan dia, jadi mungkim dia ngerasa aku ngerebut ibu sama bapak dari dia. Pernah waktu itu dia ketangkep basah lagi numpukin bantal diatas ku yang lagi tidur, aku sih gak bisa ngelawan aku kan waktu itu umurnya masih bbrapa bulan, terpaksa aku cuma nangis aja. pertumbuhan ku semakin hari semakin keliatan, dari tengkurep, duduk, rambatan, berdiri, dan akhirnya pada umur 11 bulan aku udah bisa jalan.
Kata orang aku sama kakakku pernah di ajak bapakku ke Cirebon atau daerah-daerah Bandung yang aku gak tau pasti tempatnya soalnya kakakku aja belum sekolah, mungkin umur aku sekitar 1 atau 2 tahunan. jadi sampai sekarang pun aku masih gak inget kalo aku pernah ke daerah Jawa Barat. mungkin ini yang sering dibilang orang memori anak kecil itu memang gak begitu kuat buat kejadian-kejadian seperti itu. andai saja aku bisa nginget semua kejadian itu. hmmhhh .... :(
Menurut cerita ibuku, aku dulu lebih cepet jalan, jadi lambat ngomong gitu. aku juga sering dititipin diteteangga ku karena ibu ku dulu kerja, bapakku juga kerja. tetangga ku itu orang Padang, mereka udah nganggep aku kayak anak nya sendiri, pernah waktu aku serumur sekitar 3 tahunan aku diajak sama ayah angkat ku yang namanya Pak Muchtar, dan ibu angkat ku yang sering aku panggil Mak uo' waktu itu aku diajak ke dua daerah di padang kalo gak salah nama daerah itu Solok sama Pariaman. disana aku pertama ngerasain yang namanya mandi di sungai terus pup di gubuk-gubuk yang bawahnya ada kali gitu. aku juga ngerasain makanan yang sampai saat ini aku gak tau namanya, itu rasanya kayak kerang atau remis gitu, tapi seinget aku, aku makannya langsung gitu , gak pake disayur lagi. sampai sekarang pun aku masih terus ngoreksi memori aku, tentang apa yang aku makan waktu itu, aku pingin banget nyobain lagi makanan itu, soalnya dimemori otakku tersimpan bahwa itu adalah makanan yang enak !! disana juga aku nyobain makanan yang namanya 'keripik sanjai'.
tapi semenjak aku TK, aku jarang banget ke rumah ayah :( sampai akhirnya dia meninggal :(( . pernah waktu aku dirumah, aku kangeeeennn banget sama ayah, terus aku minta anterin sama bapakku kerumah ayah, tapi sesudah aku di rumah ayah aku kangen bangeeettt sama ibu bapakku, terus aku nangis-nangis gak bisa tidur gara-gara aku kangen sama mereka, ayah yang saat itu masih gak enak badan rela banget nganterin aku kerumahku, malem-malem jalan kaki lewat jembatan yang cuma setapak, dibawah jembatan itu kayang gorong-gorong yang gedeeee' banget, salah napak sedikit pasti kami berdua jatuh ke gorong-gorong yang daleeeeemmm plus gede' bangeett itu ! mana posisi jembatan itu kayak nanjak gitu, kalo dogambarin kayak segitiga gitu (kebaynag kan jembatan itu gimana), dengan ngegendong aku ayah nyenterin jembatan itu, aku disuruh jangan nengok kebawah, soalnya aku dari dulu emang phobia dengan ketinggian, aku sepanjang jalan terus-terusan nangis, walaupun waktu itu aku ngerasa nyamaaaan banget digendong ayah. akhirnya aku sampe kerumah, pas aku udah dirumah, aku ngebayangin ayah gimana pulangnya, selamet gak sampe rumah , atau apa aja,  aku juga berpikir kenapa sih aku bisa bersikap gini !! :( aku marahin diri aku sendiri, dengan berkata dalam hati, "bodoh nya kamu widi, kasihan tuh ayah, dia kan sakit gimana kalo dia ada apa-apa dijalan!! " kasihaaann bangeeet ayah :(( maaf ya ayah , aku selalu buat repot kamu, aku gak pernah buat kamu seneng, aku selalu aja ngerepotin ayah :((
sekarang aku gak bisa lagi ketemu sama ayah ku :* aku gak bisa lagi meluk dia, minta gendong dll. mungkin ini maksud dari kata-kata ayahku dulu kalo dia lagi mau tiduran di kursi kayu depan rumahnya yang setiap hari dia tidurin, setiap ayah mau tidur pasti dia ngomong "ayah mau pergi ar mau ikut gak ?", aku ngejawab,  "ayah mau kemana ?", " ayah mau ke lahat, aar gak boleh ikut", "kenapa ?" , "aar bolehnya nganterin aja, terus liat dari jauh, biar ayah tenang disana". disana aku terdiam membisu terus ngerengek soalnya aku gak tau maksud ayah waktu itu. didalem pikiran aku cuma, kenapa aku gak boleh ikut sih yah, Ayah gak  sayang lagi sama aku !! tapi ternyata dibalik semua itu, ternyata aku sekarang ngerti yang sering disebut ayah dengan kata Lahat itu artinya Liang lahat

jadi keinget nih, waktu itu ultah ku yang ke-7 tahun pernah dirayain oleh ayah, yang ngundang semua temen-temenku, tetangga-tetanggaku, itu acara ultahku yang pertama dirayain loh :) , padahal aku udah jaraaaanngggg banget yang namanya ngunjungin rumah ayah, tapi kok dia inget yah sama ultahku u,u jadi terharu :)

aku beda dengan kakakku yang dari umur dia setaun aja udah dirayain dengan gedhe-gedhe'an, gak kayak aku yang ultah nya selalu dibeliiin bolu yang keciill :( tapi ya udahlah udah ada ayah yang ngerayain, mungkin juga ibu sama bapak pas aku ultah lagi gak ada uang :)
waktu itu aku seneeeeng banget, makasih ayah :*

aku ngerti banget dengan sifat dan sikap ayahku yang terkadang diliat orang jelek, yaitu gak ramah , terus senyumannya mahal ke siapa aja, gak terkecuali ke pelanggan jahitannya ayah, walaupun gitu banyak juga kok yang seneng dengan ayah soalny jahitannya itu rapiiii banget, hampir setiap kenaikan kelas aku selalu dikasih seragam sekolah yang dibuatnya sendiri, memang rapii banget gak kayak yang ibu beli di pasar 16 ilir gitu.
ayah juga gak senneng banget sama anak-anak kecil tapi kalo dengan aku, kok ayah sayaaaanggg bangeeettt yah ?! enatahlah
yang pasti aku juga sayaaaaaaaaaaaaaanngg banget sama ayah :*
semoga kau tenang di alam sana, disini aku selalu mendoakanmu ayah :*, aku selalu merindukanmu, semoga nantinya kita bisa bertemu lagi disurga ya ayah :*

aku juga punya kenangan yang amat sangat indah, dan gak kalah indahnya dengan ayah angkat ku ini, akan dilanjutin di Kenangan Masa Kecil yang Terlalu Indah untuk di Kenang Part II, hehehe :) ^_^

Tidak ada komentar: