Sabtu, 17 November 2012

Menghindar Malah Terjebak

Kejadian siang tadi, selalu membuat ku tertawa saat mengingatnya. Ini tentang kemacetan dan Kekonyolan si Sopir angkot.
Gaya sopir angkot ini selengekan namun lucu, dengan rambutnya lepek dan belah tengah semakin membuat pas semua orang ingin tersenyum melihatnya.
"YOO dek, ampera ampera" teriaknya
aku pun menaiki angkot itu dari depan Polda, dari pertama naik ongkot aku sudah sangat geli dengan tingkah-tingkah yang di buat oleh sopir ini.
sesampainya di daerah taman makam pahlawan ia berteriak "Pasar semua yaa"
aku pun menjerit "Sekiiip mas". perkataan itu pun dihiraukan dengan sopir itu.
disepanjang jalan aku hanya cecelingukan melihat jalan-jalan yang aku lewati karena sekalipun aku belum pernah melewati jalan itu.
insiden pertama pun terjadi, Sopir ini menyetir dengan Pede nya dan ternyata jalan itu BUNTU !
"mas mas salah buntu mas" teriak salah satu penumpang angkot yang baru menaiki angkot di dalam lorong itu.
dengan santainya "hahah iya yaa maklum banyak pikiran jadi otak ini dimasukin banyak angin ibu bapak, jadi lupa belok nya kemana" *ealah mas alibi mu, emang bisa angin masuk ke otak terus kok bisa angin buat lupa yaa ckckck*
belokan demi belokan dilewati namun aku masih tidak mengerti dimana aku dan sepuluh orang di dalam angkot ini berjalan. disepanjang jalan sang sopir tadi selalu mengulang perkataannya "jalan arah sebelum lampu merah macet panjang sekali jadi kita lewa sini aja yaa, hahaha"
melihat ada banyak angkot lain yang beristirahat disepanjang lorong yang kami lewati itu semakin membuat bangga dirinya "nah kan itu banyak yang istirahat, wajar lahh kan sekarang macet lagi panjang-panjangnya. mereka nggak mikir yaa kalo lewat sini bisa nggak kena macet"
angkot pun tiba dipersimpangan jalan yang keadaannya sangat aku kenali yahh benar sekali tidak salah lagi ini jalan menuju PTC, aku hanya bisa tersenyum-senyum ketika mengetahui ini adalah jalan itu, yang posisinya kami kembali mundur lagi dengan memakan waktu yang cukup lama dan yang pastinya bensin yang banyak juga.
aku berpikir andaikan saat itu aku berada diangkot itu bersama satu atau dua temanku, pasti kami bakal terkekeh-kekeh.
kami pun memutari lampu merah dan menurut perhitungan ku ini memakan waktu yang lama dan menghabiskan bahan bakar.
setibanya didaerah yang perkiraan ku itu daerah sekip, terjadi antrian kendaraan yang sangat panjang.
disana sang sopir mulai tidak banyak bicara lagi dan sudah tidak lagi membanggakan akalnya yang konyol itu.
setelah lolos dari kesesakan lalu lintas itu, aku semakin ingin tertawa terbahak-bahak karena melihat bahwa tidak ada macet seperti yang dikatakan sang sopir muda itu.
jarak antara simpang tempat kami lolos dari kemacetan itu sangat dekat dengan lorong tempat jalan pintas yang disebut oleh sang sopir itu.
diperjalanan itu aku memerhatikan ekspresi sang sopir, ia tertunduk lesu karena ia baru menyadari bahwa tindakan yang dilakukannya itu konyol
yang seharusnya ia akan menghindar dari kemacetan malah akhirnya terjebak dikemacetan itu.

kejadian ini juga sebelumnya pernah aku alami namun berbeda situasi. saat itu jalan Palembang-Indralaya macet total, namun sang sopir melihat jalan yang berlawanan arah dan sang sopir langsung tergiur untuk melewati jalan itu, namun setelah beberapa meter berjalan ternyata jalan itu buntu karena jembatan yang ada belum selesai dibuat, sopir pun ingin memotong jalan dari mobil-mobil yang telah lama tersendat jalannya, namun itu sulit dilakukan. penumpang-penumpang didalam bus tersebut pun hanya bisa merengek karena melihat bus-bus lain sudah berjalan perlahan demi perlahan dan bus yang dinaiki belum bisa bergerak sedikitpun.
ide "menghindar" memang baik untuk dilakukan, namun kebaikan itu hanya dirasakan untuk sementara.
alangkah baiknya ketika kita memiliki masalah, hadapilah masalah itu walau harus menempuhnya dengan lama atau susah. percayalah setelah kita berhasil menghadapi masalah itu, kebaikan-kebaikan lain akan bermunculan dan pengalaman kita pun akan bertambah banyak serta kita dapat merasakan kebanggaan karena dapat menyelesaikan masalah dengan baik :)
so, Jangan menghindar ketika masalah itu datang sekalipun masalah itu sangat besar dan sulit.
tetap tersenyum menghadapinya :)

Tidak ada komentar: